Minggu, 20 Oktober 2013

Selai Strawberry


Mengingat abinya Aidan yang suka makanan manis termasuk Roti lapis selai buah,jadi terinspirasi bikin selai buah rumahan yang rasanya gak kalah ama selai siap pakai.
berhubung bahan yang ada hanya strawberry lokal, jadilah minggu ini bikin selai strawberry.
strawberry lokal bisa mudah di dapat di indonesia buahnya kecil-kecil seukuran sama anggur merah besar, rasanya juga asem jarang menemukan strawberry lokal yang manis, beda dengan versi Impornya yang lebih besar dan manis rasanya,tapi asli justru karena strawberry lokal ni asem2 gitu yang bikin rasa selainya lebih nendang dan segar..

Selain karena strawberry import harganya selangit, gak seimbang sama uang belanja ...hehe strawberry lokal jadi pilihan. Di pasar tradisional biasanya harganya berkisar antara Rp 25.000-Rp.30.000/Kg jauh dibandingkan versi impornya yang mencapai harga Rp 100.000 –150.000/Kg.

Bahan :
300 gr   Strawberry Segar (Bisa diganti buah lain seperti Nanas, kiwi, raspberry, blueberry dll.)
200 gr   Gula putih ( tambahkan untuk lebih manis)
1/4 sdt  garam
75 ml     Air    ( Saya gak pake )
 
Cara membuat :
masukkan strawberry, gula dan garam kedalam panci. Tekan-tekan dan aduk-aduk menggunakan sodetan ato pengaduk sampai strawberry jadi potongan–potongan kecil tapi jangan sampai benar-benar hancur agar selai tetap memiliki tekstur.
Aduk sampai benar–benar jadi adonan yang pekat, setelah itu dinginkan dan selai siap di pakai. 
Bisa juga di masukan kedalam botol kaca yang telah di steril...
Nah gampang pisan kan buatnya,jadi ayo coba buat sendiri selain tau bahan juga yang penting bebas pengawet dan bahan campuran kumia pangan..
Happy make it.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar